Begini Cara Gempita SulSel Produktifkan Lahan Tidur


Kabarmaspul.com- Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Wilayah Sulawesi Selatan menyelenggarakan Workshop Teknik Pembuatan Mikroba untuk Jagung kan Lahan Tidur di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh).

Korwil Gempita Sulsel, Asrul Herman, mengatakan tujuan penyelenggaraan workshop itu untuk mengoptimalkan pemanfaatan mikroba di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan dalam upaya peningkatan produktifitas pertanian jenis jagung dalam rangka mempergunakan lahan tidur sekaligus peningkatan produktifitas pangan.

“Workshop itu juga sebagai apresiasi bagi keberlanjutan generasi pertanian yang menjadi tumpuan modernisasi pertanian yang dicanangkan oleh Menteri Amran Sulaiman,” terang Asrul, Selasa (2/5/2017).

Sementara itu, Wakil Ketua Gempita Wilayah Sulsel, Lili Hartono mengatakan workshop tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Presiden Core to Core Program (CCP) Wilayah Indonesia, DR Anton Muhibuddin.

Eks Ketua HMI Cabang Bulukumba itu berharap, pemanfaatan produk penelitian yang dihasilkan Core to Core Program dapat diimplementasikan dalam program jagungkan lahan tidur.

“Sebab, program jagung kan lahan tidur Gempita, yang mengharuskan perluasan areal tanam mayoritas di lahan sub-optimal, tentu mesti ditangani secara cepat dan tepat,” kata Lili Hartono.

“Workshop ini juga mengajarkan tehnik pembuatan mikroba menjagunkan lahan tidur sehingga petani memanfaatkan kotoran menjadi pupuk,” tutup Lili Hartono.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar