Hari Buku Nasional, Bahrum Daido Bagi 7 Cara Membiasakan Membaca


Kabarmaspul.com- Membaca adalah kegiatan untuk bisa mengasah kompetensi diri. Namun sayangnya minat baca di negeri kita ini masih sangat rendah, berbagai faktornya karena perpustakaan yang kurang dimaksimalkan serta sedikit banyaknya pengaruh media sosial yang menyita banyak waktu mayoritas masyarakat saat ini
‘Buku adalah jendela dunia’. Kunci untuk membukanya adalah membaca. Ungkapan ini secara jelas menggambarkan manfaat membaca, yakni membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang.
Hal ini  disampaikan anggota komisi V DPR RI ,Dr.Ir.H.Bahrum Daido,M.si di Makassar, Rabu (17/5/2017) dalam momentum Hari Buku Nasional.
Bahrum Daido membagikan tips agar terbiasa membaca buku secara efektif. Berikut 7 tips yang dibagikan oleh anggota DPR RI ini.
1. Pintar Memilih Waktu
Waktu yang tepat dalam membaca buku merupakan salah satu kunci sukses dalam membaca efektif. Kita tidak dapat membaca buku dengan waktu yang serampangan. Sebisa mungkin jangan biarkan dirimu menunda buku yang sedang kamu baca, karna hal itu dapat mengurangi bobot pemahaman dan memotong pikiran untuk memahami isinya.
Ada orang yang memlih waktu membaca di malam hari, karna baginya saat itu merupakan saat yang paling tenang untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada juga yang melakukannya di tengah-tengah perjalanan jauh atau saat sore hari sambil bersantai.
2. Temukan Bacaan yang Kalian Sukai
Agar membiasakan kebiasaan membaca tidak menjadi sebuah proses yang menyeramkan, jadikanlah membaca itu sebagai satu hal yang menyenangkan, mulailah dengan mencari bahan bacaan yang menyenangkan.
Ada beberapa orang yang tidak melanjutkan bacaan yang sedang ia baca karena di tengah-tengah kegiatan membaca ia merasa topik bacaan tersebut tidak menarik baginya. Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan membaca efektif. Pilihlah topik bacaan yang menarik, yang menggugahmu untuk menyelesaikan bacaan tersebut sampai tuntas.
3. Memiliki Target
Pada proses awal membiasakan kegiatan membaca, Andi Mustaman hanya membaca 10 halaman pada setiap waktu membaca. Dalam sehari memiliki 5-6 waktu membaca yakni setiap kali selesai sholat, jika kalian bukan muslim, tentu kalian bisa juga melakukan penjedaan waktu semacam ini, menentukan 10-20 menit pada pukul berapa saja sebagai waktu membaca.
Dari kebiasaan ini, dalam sehari wajib membaca 50-60 halaman, sehingga dalam seminggu terkumpul 350-420 halaman. Dengan kata lain bisa menyelesaikan membaca kira-kira satu novel (yang tak terlalu tebal) setiap minggu, 4 novel dalam satu bulan, dan sekitar 50 bacaan dalam satu tahun. Itu cukup sebagai target untuk membuat kalian tidak minder dalam pergaulan.
Jika angka 50 bacaan adalah mengejutkan, lupakan angka 50 buku itu dan gantikan dengan 10 halaman saja. 10 halaman setiap kali masuk waktu membaca adalah jauh lebih mudah daripada 50 buku dalam setahun.
4. Buat Kesan yang Menyenangkan
Dalam memilih buku, kalian harus benar-benar selektif, karena buku pertama yang sahabat pedia baca umumnya akan memberikan pengaruh yang besar terhadap proses penumbuhan kebiasaan membaca, maka amat penting untuk memastikannya kalian memilih dengan teliti buku pertama yang kalian baca.
Selain itu, perlu untuk memastikan kalian akan menikmati bacaan kalian, salah satunya dengan menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk membaca-liburan mungkin adalah waktu yang tepat. Terakhir, jangan memaksa diri untuk menyukai apa yang publik sukai, karena mungkin itu bukan selera kalian.
5. Jadikan Membaca Sebagai Hiburan Harian
Layaknya Film dan Video Games, bisa merasakan bacaan sebagai salah satu hal yang semenyenangkan itu. Syaratnya kalian harus menikmatinya, buat sebuah keputusan bahwa kalian menyukai kegiatan membaca-ini sebuah proses pembangunan pola pikir. Lalu, mulailah dengan merasakan dan mengimajinasikan dengan lepas setiap bacaan kalian, hingga kalian merasa menjadi bagian dari bacaan itu. Dengan begitu, membaca akan menjadi hiburan harian yang menyenangkan.
6. Baca Secara Detail
Jangan malas untuk membaca bagian sampul belakang buku dan daftar isi serta pengantar maupun abstraknya. Karena dari sinilah kamu akan dituntun menuju bacaan pokok.
Cermati isi bacaan lalu cobalah menghubungkan ide-ide yang terkait, pertimbangkan berbagai sudut pandang, jangan lupa juga untuk mengetahui prinsip-prinsip atau kunci dari bacaan yang kamu baca. Dan yang terpenting, hantarkan pengetahuan dari bacaan tersebut ke dalam pikiranmu.
7. Membaca Kontemplatif
Jangan biarkan buku yang telah kamu baca terlihat mulus begitu saja apalagi sampai lupa dengan isinya. Saat membaca buku, peganglah pensil atau pulpen untuk menandai bagian mana yang menurut kamu kurang dimengerti atau yang kamu anggap kurang menarik. Kemudian tandai, lingkari atau kasih komentar.
Hal tersebut dapat melatih kecerdasan pikiranmu. Kamu juga dapat memberi catatan kecil di setiap bacaan yang kamu tidak suka atau tidak sependapat dan sebagainya.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar