Ini 4 Alasan Minum Air Es Buruk Bagi Kesehatan


Kabarmaspul.com- Air dingin yang disajikan dengan bongkahan es batu rasanya merupakan pelepas dahaga pas pas untuk merasa puas. Akibat terik matahari dan hawa panas yang menyerang biasanya sebagian besar dari Anda akan minum air dingin (air es). Rasa lega sesudah minum air dingin memang bisa membuat kita kembali segar. Tapi minum air es atau air dingin secara rutin ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.
Dilansir dari The Health Site, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda stop minum air es atau air dingin demi menjaga kesehatan.
Karena mengganggu pencernaan
Minum air es atau air dingin ternyata dapat menghambat proses pencernaan makanan karena menyebabkan pembuluh darah mengerut.
Hal ini bisa memperlambat proses pencernaan. Jika makanan tidak dicerna dengan baik, maka nutrisi yang terkandung pada makanan pun akan hilang atau tidak diserap tubuh. Wah, sayang sekali, bukan?
Karena menghilangkan nutrisi
Suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celsius. Ketika Anda minum sesuatu pada suhu yang sangat rendah, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mengatur suhu secara normal.
Energi yang dihabiskan ini digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Efek tersebut, lagi-lagi, juga membuat tubuh kekurangan nutrisi.
Karena menyebabkan risiko terkena sakit tenggorokan
Minum air dingin bisa menyebabkan penumpukan mukosa atau lapisan pelindung saluran pernapasan. Saat lapisan ini memuat banyak aliran darah, saluran pernapasan terpapar dan rentan kena berbagai infeksi. Oleh karena itu, kemungkinan batuk tenggorokan pun menjadi sangat tinggi jika Anda gemar minum air es.
Karena menurunkan detak jantung
Minum air es atau air dingin ternyata menurunkan detak jantung. Studi telah menunjukkan, minum air es merangsang saraf vagus.
Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10, yang berperan penting pada sistem saraf otonom tubuh untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif.
Saraf vagus memengaruhi penurunan detak jantung. Ketika Anda minum air es atau air dingin, suhu rendah air tersebut akan menstimulus ke saraf, yang menyebabkan denyut jantung turun.
Jika melihat dampak buruknya yang ternyata lumayan besar, sebaiknya stop saja kebiasaan Anda meminum air es.(Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar