Kota Palopo Menuju Smart City


Kabarmaspul.com- Pemerintah Kota Palopo berencana menerapkan konsep Smart City atau Kota Pintar. Upaya untuk menerapkan konsep tersebut dilakukan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae, Kamis (4/5/2017).

Kepala Dinas Kominikasi dan Informatika Kota Palopo, Baso Akhmad mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman sekaligus hal-hal lain terkait Smart City. FGD ini juga merupakan bagian dari visi Kominfo dalam mewujudkan Smart City yang tetap berpijak pada nilai-nilai kearifan lokal.

“Ini juga sejalan dengan apa yang diinginkan Walikota Palopo untuk menumbuhkan iklim pemahaman semua pihak terkait Smart City atau Kota Pintar,” katanya.

Manager Sekretariat Bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi ) Wilayah VI, Abdul Thalib Mustafa mendorong Kota Palopo menerapkan konsep Smart City. Hanya saja, mesti dibedakan antara penerapan Smart City dengan sistem e-Goverment.

“Jangan sampai di benak kita Smart City hanya perubahan ke penerapan sistem e-Goverment. Ini yang harus kita bedakan,” katanya.

Kepala Dinas Sandi dan Statistik, Reinaldi berharap para peserta FGD mampu merumuskan konsep yang jelas tentang penerapan Smart City di Kota Palopo. Dengan begitu, penerapan Smart City ini mampu mendorong perkembangan dan kemajuan daerah.

“Sasaran utama program ini adalah pemerintah dan masyarakat yang tentunya diharapkan juga dapat menciptakan keamanan, berdaya saing, dan yang utama adalah kenyamanan,”jelasnya.(Udin/Kiki)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar