Strategi Memperbesar Peluang Mendapatkan Pekerjaan


Kabarmaspul.com- Anda sedang mencari kerja? Sudah mengirim banyak lamaran namun belum ada yang memanggil untuk wawancara? Memang, ini adalah masalah yang paling sering dihadapi oleh para pencari kerja.
Lantas apa yang dapat kita lakukan? Sebetulnya ada beberapa strategi yang dapat memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.
Jejaring (networking)
Cara ini paling efektif untuk mencari pekerjaan. Sayangnya, membangun jejaring yang kuat butuh waktu yang tidak sebentar. Anda tentunya tak bisa langsung menelepon semua teman dan meminta info kerja.
Jadi, mulailah bangun jejaring dari sekarang dan tentunya jangan pelit untuk membantu teman. Karena suatu saat mungkin saja gantian Anda yang membutuhkan bantuan mereka.
Konsultasi
Konsultasi bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari jejaring, hingga rasa percaya diri. Konsultasi tentunya juga bisa menjadi cara efektif untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan.
Pendekatan Langsung
Langkah yang satu ini memang lebih menghabiskan waktu dibanding mengisi aplikasi melalui internet. Namun, pendekatan dengan cara yang lebih bersifat pribadi ini bisa memperbesar kesempatan Anda untuk mendapat pekerjaan.
Hubungan Langsung dengan Perekrut
Untuk menggunakan metode ini, pertama-tama Anda harus memperbarui akun LinkedIn secara berkala. Setelah itu, baru Anda dapat langsung menghubungi dan melakukan pembicaraan langsung dengan perekrut.
Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari ketika mencari kerja. Misalnya, mengisi formulir aplikasi secara daring (online). Cara ini selain melelahkan, juga tidak menjamin aplikasi milikmu terlihat menarik.
Hanya sekedar menyebar riwayat hidup dalam sebuah pameran lowongan kerja juga bukan cara yang efektif. Meskipun pameran lowongan kerja banyak menawarkan daftar perusahaan, biasanya para karyawan yang bertugas akan meminta pelamar untuk mengecek situs perusahaan untuk informasi lebih lanjut. Jadi jangan terlalu berharap Anda akan langsung diwawancara pada saat itu juga.
Menelepon atau mengirim email ke bagian personalia juga bukan cara efektif. Biasanya, mereka hanya akan memberikan jawaban yang bersifat basa basi.
Terakhir yang paling penting, Anda jangan menjadi pasif berharap ada perusahaan yang melihat profil Anda pada. Sangat jarang ada perusahaan yang langsung bilang tertarik dan ingin melakukan wawancara. Akan lebih efektif bila Anda yang mengajukan pertanyaan untuk melihat ada atau tidaknya kesempatan tersebut.(Fitri)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar