BAPPEDA Kota Makassar Gelar Sosiisasi Kebijakan Perencanaan Pembanguan Kota


Makassar- Salah satu alasan penting perlunya sistem perencanaan pembangunan nasional adalah untuk menjamin agar pembangunan berjalan efektif, efisien, dan berkelanjutan. Olehnya itu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Kota Makassar mengadakan Sosialisasi Kebijakan Perencanaan kepada seluruh Lingkup SKPD, Selasa (31/10/17) di karebosi Condotel.

Fajar Hidayat mengatakan tujuan sistem perencanaan pembangunan nasional ini diadakan antara lain adalah mendukung koordinasi antarpelaku pembangunan, menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah maupun antara pusat dan daerah.

” Kita juga menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan, mengoptimalkan partisipasi masyarakat, dan menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan,” ucapnya.

Katanya, dasar Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanan Rencana Pembangunan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman cara Kerja Pengelolaan Keuangan Daerah, Sebagaimana telah diubah terahir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan ke dua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

” Sebenarnya tujuannya sebagai dasar bagi seluruh SKPD dalam menyusun perencanaan kedepan agar terarah pada pencapaian hasil sesuai dengan Prioritas Pembangunan Nasional yang telah ditetapkan dalam RPJMN, serta menciptakan sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan daerah antar wilayah, antar sektor pembangunan dan antar tingkatan pemerintahan serta menciptakan efisiensi alokasi sumber daya dalam pembangunan daerah,” ungkapnya.

Peserta berasal dari semua Sekretaris, Kepala Bagian, Sekcam dan Kasubag. Penyusunan Program dari seluruh SKPD Pemerintah Kota Makassar dan Narasumber Sosialisasi adalah Tim dari Akademisi dan BAPPEDA Propinsi Sulawesi Selatan.(*)



BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar