Bamus Jadwal Ulang Paripurna Anggaran Perubahan 2017


Mamassar-'Setelah gagal digelar pada Rabu (8/11/2017), pelaksanaan rapat paripurna penetapan Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Kota Makassar tahun 2017 terpaksa dijadwal ulang.

Penetapan jadwal ulang paripurna tersebut baru akan dibahas oleh Badan Musyawah (Bamus) DPRD Makassar pada Jumat (10/11/2017) besok.

“Insya Allah besok (Jumat, red) rapat Bamus untuk jadwalkan kembali rapat paripurna,” jelas Sekretaris DPRD Makassar, Adwi Umar dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis (9/11/2017).

Seperti dilansir sebelumnya, paripurna penetapan RAPBD-P tahun 2017 urung dilaksanakan lantaran Ketua DPRD Makassar, Farok M Betta, menolak menandatangani pengesahan serta undangan menghadiri rapat paripurna tersebut.

Aru, sapaan akrab, Farouk M Betta, sebelumnya membantah jika disebut sengaja mengulur paripurna penetapan RAPBD-P tahun 2017.

Menurutnya, bahwa sedianya paripurna paling lambat dilaksanakan pada pukul 02.00 Wita. Sementara jadwal yang ditetapkan pihak Sekretariat DPRD Makassar pada pukul 05.00 Wita.

“Tidak seperti itu, paripurna itu harus dilaksanakan pada pukul 02.00 Wita. Memang sempat molor karena masih banyak agenda lain yang berjalan, Tapi mereka malah mau paksakan paripurna hingga malam,” bantah Aru.

Kondisi ini juga mendapat tanggapan dari pihak Kominte Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia. Manager Advokasi dan Keuangan Kopel, Anwar Razak mengatakan, sedianya pembahasan anggaran di lembaga legislatif tidak berlarut-larut.

Menurutnya, jika mengacu pada aturan, RAPBD-P tahun 2017 sejatinya telah ditetapkan tiga bulan sebelum tahun anggaran berakhir, yakni pada bulan September lalu.

“Kalau tertib jadwal, maka harusnya Dewan tidak mengulur waktu, karena sedianya penetapannya tiga bulan sebelum tahun anggaran berakhir. Tinggal kemauan politik DPRD untuk mengakhiri perdebatan, mengingat waktu semakin sempit,” jelas Anwar.(Wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar