KPU Makassar Siap Antisipasi Validasi Berkas Perseorangan Lewat Aplikasi Silon

Makassar- KPU kota Makassar telah menyiapkan sistem online dalam proses validasi berkas dukungan bakal calon perseorangan yang diberi nama Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Penerapan proses validasi berkas dukungan yang dilakukan pihak KPU menjadi salah satu trobosan terbaru dalam mendorong transparansi pada proses pencalonan jalur independen.

Namun bukan berarti aplikasi tersebut tidak menuai kendala. Seperti yang disampaikan mantan Ketua KPU Makassar, Nurmal Idrus saat menanggapi hal-hal yang patut diwaspadai dalam proses pemeriksaan berkas calon perseorangan, Rabu (29/11/2017).

“Validitas angka yang tertera di Silon dengan bukti fisik biasa menjadi masalah. Kebanyakan selama ini, bukti Silon yang berupa sofcopy, tidak singkron dengan data fisik berupa formulir B1 pernyataan dukungan, formulir B1 rekapitulasi desa/kelurahan dan bukti KTP,” jelas Direktur Nurani Strategic itu.

Sementara terkait adanya kemungkinan upaya intervensi dan intimidasi dari eksternal, Nurmal mengaku hal tersebut sulit terjadi, khususnya dalam proses pemeriksaan administrasi. Namun ia tak menampik adanya kerawanan pada tahap verifikasi faktual nantinya.

“Agak sulit untuk mengintervensi KPU dalam proses pemeriksaan administrasi. Sebab, mereka banyak yang awasi seperti panwas. Yang justru rawan adalah ketika proses verifikasi faktual di tingkat kelurahan. Sebab proses itulah yang paling menentukan. Para verifikator di lapangan sering mendapat tekanan dari tim paslon,” pungkas Nurmal.(wan)

BAGIKAN:

jasa pembuatan website makassar